semoga bermanfaat. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 09 Januari 2012

perkembangan komputer dalam facebook



t
 
Sejarah perkembangan komputer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang disebut sempoa (abacus). Selanjutnya, pada tahun 1917John Napier menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9 x 9 kolom yang masing-masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama tulang-tulang Napier (Napier's Bones). Di tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.

Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline. Pascaline menggunakan 8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.

Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika yang berasal dari Inggris,Charles Babbage. Babbage membuat mesin diferensial (difference engine) yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan menggunakan mesin diferensial selama 10 tahun, Babbage membuat komputer general purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.

Herman Hollerithpada tahun 1890 dari Biro Sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched hard counting yang menggunakan punch card (kartu perforasi/berlubang-lubang) sebagai media datanya. Penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah komputer sehingga Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak komputer modern.

Di tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machine atau lebih dikenal dengan IBM, berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark I dan dapat dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan manusia.

Comments :

0 komentar to “perkembangan komputer dalam facebook”


Posting Komentar