semoga bermanfaat. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 02 Januari 2012

Perkembangan Komputer | Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan Komputer dalam Bidang IPTEK


  • Komputer Generasi Pertama

    1. Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert tahun 1919-1995 dengan john W. Mauchly pada tahun 1907-1980. ENIAC terdiri dari 18.000 yabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder
    2. komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) ditemukan oleh john von Neumann bekerjasama dengan Univercity of Pennsylvania pada pertengahan tahun 1940, computer tersebut dilengkapi dengan memori yang dapat menampung program dan data.
    3. komputer UNIVAC (Universal Automatic Computer) ditemukan oleh Remington Rand pada tahun 1951. computer ini memiliki lebih banyak kemajuan disbanding computer sebelumnya tetapi dianggap sangat tidak efisien bila dibandingkan dengan computer standar yang ada data ini.
    • KOMPUTER GENERASI KEDUA
    1. Pada computer jenis kedua ini bahasa mesinnya diganti dengan bahasa assembly
    2. penggunaan computer yang semakin meluas dan membutuhkan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi memicu munculnya bahasa-bahasa pemrograman, seperti Business-Oriented language (COBOL) dan Formula Transiator (FORTAN).
    • KOMPUTER GENERASI KETIGA
    Pada tahun 1958 Jack Kilby, seorang insinyur elektro Amerika menemukan sirkuit terintegrasi (ICL: Integrated Circuit).
    • KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
    Mikroprosesor  pertama  adalah Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971. mikroprosesor ini dibuat untuk digunakan pada kalkulator. Sesuai dengan prediksi sebelumnya dari perintis semikonduktor Amerika, Gordon Moore, pada tahun 1965, Moore memprediksi bahwa jumlah transistor di chip computer akan bertambah dua kali lipat setiap 24 bulan. Prediksi tersebut dikenal sebagai hukum Moore.

    B. Era Perkembangan Teknologi Informasi

    Kemajuan teknologi digital yang dipadu dengan telekomunikasi telah membawa komputer memasuki masa-masa “revolusi”-nya. Di awal tahun 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer. Dengan seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja (desktop), seorang manajer atau teknisi dapat memperoleh data atau informasi yang telah diolah oleh komputer (dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan mini computer, bahkan mainframe). Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif. Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi “milik pribadi” Divisi EDP (Electronic Data Processing)perusahaan, di era kedua ini setiap individu di organisasi  dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing (end-user computing). Pemakaian komputer di kalangan perusahaan semakin marak, terutama didukung dengan alam kompetisi yang telah berubah dari monompoli menjadi pasar bebas. Secara tidak langsung, perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi komputer sangat efisien dan efektif dibandingkan perusahaan yang sebagian prosesnya masih dikelola secara manual. Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa.
    Teori-teori manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah mengenai manajemen perubahan (change management). Hampir di semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan bisnis. Tidak seperti pada kedua era sebelumnya yang lebih menekankan pada unsur teknologi, pada era manajemen perubahan ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut. Kunci dari keberhasilan perusahaan di era tahun 1980-an ini adalah penciptaan dan penguasaan informasi secara cepat dan akurat. Informasi di dalam perusahaan dianalogikan sebagai darah dalam peredaran darah manusia yang harus selalu mengalir dengan teratur, cepat, terus-menerus, ke tempat-tempat yang membutuhkannya (strategis). Ditekankan oleh beberapa ahli manajemen, bahwa perusahaan yang menguasai informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif di dalam lingkungan makro “regulated free market”. Di dalam periode ini, perubahan secara filosofis dari perusahaan tradisional ke perusahaan modern terletak pada bagaimana manajemen melihat kunci kinerja perusahaan.
    C. Peranan dan Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
    • Peranan TIK dalam dunia pendidikan :
    1. berbagi hasil penelitian.
    2. Konsultasi dengan pakar
    3. perpustakaan online : perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di Internet.
    4. Diskusi online : diskusi yang dilakukan di internet.
    5. elas online
    • Keuntungan yang diperoleh para peserta didik dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan :
    1. Dapat mengakses informasi informasi hasil penelitian orang lain.
    2. Akses ke sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah
    3. Akses para ahli menjadi lebih mudah karena tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.
    4. Materi-materi pelajaran disampaikan interaktif dan menarik.
    5. Melalui belajar jarak jauh, kendala biaya dan waktu yang mungkin tidak dapat dihindari dengan pendidikan biasa, dapat diatasi dengan mengikuti kelas online.
    • Keuntungan yang diperoleh lembaga penyelenggara :
    1. Dapat saling bernagi hasil penelitian dengan institusipendidikan lain.
    2. Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada peserta didik.
    3. Dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain melalui program jarak jauh.
    4. Melalui perpustakaan online, biaya untuk menyediakan buku-buku diperpustakaan dapat dikurangi.
    5. Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain, misalnya dengan membuat perpustakan bersama.
    Selain itu, TIK juga berfungsi untuk menunjang bisnis yaitu meliputi :
    1. Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan Internet.
    2. SMS Banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS.
    3. E-Commerce (Electronic Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama Internet.
    • Peranan TIK dalam bidang pemerintah
    3 bentuk hubungan yang dikenal dalam pemanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pemerintah :
    1.      G2C (Government to Citizen)
    2.      G2B (Government to business)
    3.      G2G (Government to Government)

    Comments :

    0 komentar to “Perkembangan Komputer | Teknologi Informasi dan Komunikasi”


    Poskan Komentar